“Simple Calculator” dengan Java Swing (NetBeans IDE 7.4)
Contoh pembuatan aplikasi “Kalkulator Sederhana” berdasarkan masukan pengguna berupa angka dan hasil keluarannya menggunakan operasi matematika seperti penambahan (Add), pengurangan (Subtract), perkalian (Multiple) dan pembagian (Devide) dengan bahasa pemrograman Java SE berbasis GUI dengan kontrol Swing dan menggunakan editor NetBeans 7.4.
Sebagai referensi visualisasi pembuatan Project baru dan lain-lain dapat teman-teman lihat di sini.
-
Jalankan NetBeans IDE 7.4.
-
Klik File > New Project atau tekan tombol Ctrl+Shift+N pada keyboard.
-
Pada jendela New Project, pada bagian Categories pilih “Java”. Pada pilihan Project pilih “Java Application” kemudian klik tombol “Next >”.
-
Pada jendela New Java Application, Pada kotak isian Project Name: tuliskan “SimpleCalculatorApp”. Hilangkan pilihan Create Main Class. Kemudian klik tombol Finish.
-
Pada jendela Project, klik kanan SimpleCalculatorApp pilih New > JFrame Form…
-
Pada jendela New JFrame Form, Pada kotak isian Class Name: tuliskan “SimpleCalculatorAppUI”. Pada kotak isian Package: tuliskan “My.ControlPropertiesApp” kemudian klik tombol “Finish”
Penerapan kontrol Swing properti sebagai berikut:
Objek | Nama | Properti | Penerapan |
Form | jFrame | title | Simple Calculator |
Panel | jPanel1 | Border | Titled Border |
Label | jLabel1 | text | First Number: |
Label | jLabel2 | text | Second Number: |
Label | jLabel3 | text | Result: |
Text Field | jTextField1 | text | (Kosongkan) |
Text Field | jTextField2 | text | (Kosongkan) |
Text Field | jTextField3 | text | (Kosongkan) |
Button | jButton1 | text enabled | Add False |
Button | jButton2 | text enabled | Subtract False |
Button | jButton3 | text enabled | Multiple False |
Button | jButton4 | text enabled | Devide False |
Button | jButton5 | text enabled | Clear False |
Button | jButton6 | text | Exit |
Perintah program kejadian pada pembuatan aplikasi ini:
1: private void jButton6ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
2: System.exit(0);
3: }
4:
5: private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
6: float num1, num2, result;
7: num1 = Float.parseFloat(jTextField1.getText());
8: num2 = Float.parseFloat(jTextField2.getText());
9: result = num1 + num2;
10: jTextField3.setText(String.valueOf(result));
11: btnActionPerformed(evt);
12: }
13:
14: private void jButton2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
15: float num1, num2, result;
16: num1 = Float.parseFloat(jTextField1.getText());
17: num2 = Float.parseFloat(jTextField2.getText());
18: result = num1 - num2;
19: jTextField3.setText(String.valueOf(result));
20: btnActionPerformed(evt);
21: }
22:
23: private void jButton3ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
24: float num1, num2, result;
25: num1 = Float.parseFloat(jTextField1.getText());
26: num2 = Float.parseFloat(jTextField2.getText());
27: result = num1 * num2;
28: jTextField3.setText(String.valueOf(result));
29: btnActionPerformed(evt);
30: }
31:
32: private void jButton4ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
33: float num1, num2, result;
34: num1 = Float.parseFloat(jTextField1.getText());
35: num2 = Float.parseFloat(jTextField2.getText());
36: result = num1 / num2;
37: jTextField3.setText(String.valueOf(result));
38: btnActionPerformed(evt);
39: }
40:
41: private void jButton5ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
42: jTextField1.setText("");
43: jTextField2.setText("");
44: jTextField3.setText("");
45: jTextField1.grabFocus();
46: jButton1.setEnabled(false);
47: jButton2.setEnabled(false);
48: jButton3.setEnabled(false);
49: jButton4.setEnabled(false);
50: jButton5.setEnabled(false);
51: }
52:
53: private void jTextField2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
54: txtActionPerformed(evt);
55: }
56:
57: public void btnActionPerformed(ActionEvent e){
58: if(jTextField3.getText().length() >= 1){
59: jButton5.setEnabled(true);
60: }else{
61: jButton5.setEnabled(false);
62: }
63: }
64:
65: public void txtActionPerformed(ActionEvent e){
66: if((jTextField1.getText().length() >= 1) && (jTextField2.getText().length() >= 1)){
67: jButton1.setEnabled(true);
68: jButton2.setEnabled(true);
69: jButton3.setEnabled(true);
70: jButton4.setEnabled(true);
71: }else{
72: jButton1.setEnabled(false);
73: jButton2.setEnabled(false);
74: jButton3.setEnabled(false);
75: jButton4.setEnabled(false);
76: }
77: }
7. Jalankan Project, pada ToolBar klik tombol Run Project atau klik F6 pada keyboard
8. Pada jendela Run Project klik tombol OK untuk menjadikan SimpleCalculatorAppUI menjadi main class.
Label: Java SE
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda