Kamis, 23 Januari 2014

Memecah file menjadi beberapa bagian dan menggabung- kannya kembali dengan 7-Zip

7-Zip Split

Mungkin proses ini sudah tidak begitu asing untuk kebanyakan teman-teman skalian. Apalagi bagi teman-teman yang terbiasa meng-Upload file-nya untuk di sharing pada situs server penyimpanan berkas on-line di internet. Berdasarkan pantawan saya kebanyakan situs-situs yang menerangkan cara memecah dan menggabungkan file menjadi beberapa bagian ini menggunakan aplikasi HJSplit. Oleh karena itu pada postingan ini saya akan membahas proses tersebut dgn aplikasi selain HJSplit yaitu 7-Zip.

Untuk memudahkan percontohan file-file yang di pergunakan tersimpan pada folder baru. Dalam folder tersebut tersimpan satu buah file yang bertipe MKV Video dengan besar 523 MB. Dan rencananya file tersebut akan saya pecah menjadi 4 bagian dengan besar 134 MB dan disimpan dengan nama dan folder yang sama. Berikut langkah demi langkah pembuatannya:

Proses Memecah File

1. Klik kanan file yang akan dipecah ukurannya. Lalu pilih 7-Zip > Add to archiveā€¦

7-Zip_Add

2. Pada jendela Add to Archive rubah pilihan Archive format menjadi Zip dan pada kolom Split to Volume isikan 134M kemudian tekan tombol OK. (*Agar lebih familiar saya memilih ektensi format Zip apabila teman-teman tidak mempermasalahkannya teman-teman dapat langsung menuju bagian ke-2)

7-Zip_AddSplit 
3. Tunggu beberapa saat hingga proses ini selesai. Dan seperti yang dapat teman-teman lihat proses ini langsung memecah file tersebut menjadi empat bagian dengan besar maksimal 134 MB

7-Zip Split

7-Zip_AddSplit_Result
4. Selesai. Untuk memastikan keberhasilan proses pemecahan tersebut teman-teman dapat me- nggabungkan file-file tadi dan coba mengeksekusinya.

Proses Menggabungkan File

1. Klik kanan pada file berektensi 001. Pilih 7-Zip > Extract Here

7-Zip_Extrack
2. Dikarenakan kesamaan nama file yang terdapat pada folder tersebut. Pada jendela Confirm File Replace pilih Auto Rename. Tunggu beberapa hingga proses ini selesai.

7-Zip_AddSplit_ResultReplace

7-Zip_Extract
3. Selesai. Coba teman-teman eksekusi file baru tersebut dan bandingkan hasilnya dengan file aslinya. Tidak ada perbedaan bukan?

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda