Selasa, 27 Mei 2014

Pembuatan Project Baru menggunakan Bahasa Pemrograman Visual C# dengan Visual Studio 2012

csharp

Berikut ini langkah demi langkah visualisasi Pembuatan Project Baru menggunakan bahasa pemrograman Visual C# (dibaca C Sharp) dengan menggunakan aplikasi lembar kerja (IDE: Interface Development Environment) Visual Studio 2012 :

 

 

 

 

01. Jalankan Visual Studio 2012.

02. Pada jendela Start Page pilih New Project…

NewProjectStartPage

03. Sehingga akan tampak jendela New Project.

NewProjectWindows

04. Pada pilihan Templates pilih Visual C#. Klik tanda panah yang berada di sebelah kiri pada tulisan Visual C#, sehingga akan tampak opsi-opsi pembuatan aplikasi berdasarkan lingkungan kerja yang hendak kita buat. Sebagai percontohan, pilihlah Windows, dikarenakan contoh aplikasi yang akan kita buat akan berjalan pada sistem berbasis Windows.

TemplatesCSharp

05. Kemudian pada pilihan jenis aplikasi berbasis Windows apa yang akan kita buat. Sebagai percontohan, pilihlah Windows Forms Application dan seperti yang dapat kita lihat di sebelah kanan pilihan jenis aplikasi yang kita pilih terdapat informasi singkat dari jenis project yang akan dibuat.

WindowsFormApplicationSelect

06. Setelah selesai, beri nama project baru tersebut. Sebagai percontohan, project baru ini saya namai “Latihan01” (No.1). Seperti yang dapat anda perhatikan ketika nama project ini di ubah, maka secara otomatis kolom Solution name berubah mengikuti nama yang dibuat. Biarkan pilihan Location, Tanda centang aktif pada pilihan Create directory for solution dan Tanda centang tidak aktif pada Add source control seperti adanya. Setelah itu tekan tombol OK (No.2) untuk melanjutkan.

VisualC#ProjectName

* Sekedar mengingatkan khususnya pada pemberian nama project, alangkah baiknya bila nama project tersebut tidak menggunakan spasi atau ruang di antara kata yang akan ditulis dan bila memang diharuskan! hendaknya gunakan garis bawah sehingga akan nampak seperti ini “Jangan_menggunakan_spasi”.

07. Dan Project Latihan01 dengan bahasa pemrograman Visual C# sudah dapat digunakan.

IDECSharp

08. Selesai dan selamat mencoba.

Pesan! Seperti yang coba saya jelaskan pada kalimat-kalimat di atas, pilihan yang terdapat pada penulisan ini hanya sebagai percontohan saja. Bilamana anda hendak membuat project berbasis yang lain atau jenis aplikasi yang berbeda anda dapat mengganti dan memilih sesuai dengan keinginan.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda